Jumat, 22 Maret 2019


Pengantar Pemrograman Java

JAVA dikembangkan oleh Sun Microsystems Inc pada tahun 1991, kemudian diakuisisi oleh Oracle Corporation. Java adalah bahasa pemrograman yang sederhana, dikembangkan oleh James Gosling dan Patrick Naughton. Java sangat membantu untuk menulis, menyusun, dan men-debug suatu program mudah dilakukan di java. Membuat program modular dan kode yang dapat digunakan kembali.

Terminologi Java

Sebelum memulai belajar Java, mari kita kenali istilah-istilah java yang umum.

Java Virtual Machine (JVM)
Fase pelaksanaan program JVM, tahapannya adalah menulis program, lalu mengkompilasi program dan akhirnya menjalankan program.

·         Penulisan program dilakukan oleh programmer Java.
·         Kompilasi program dilakukan oleh kompiler javac. Javac adalah kompiler java utama yang termasuk dalam java development kit (JDK). Dibutuhkan program java sebagai input dan menghasilkan bytecode java sebagai output.
·         Pada fase ketiga, JVM mengeksekusi bytecode yang dihasilkan oleh compiler. Ini disebut fase menjalankan program.

Jadi, sekarang kita mengerti bahwa fungsi utama JVM adalah untuk mengeksekusi bytecode yang dihasilkan oleh compiler. Setiap sistem operasi memiliki JVM yang berbeda, namun output yang mereka hasilkan setelah eksekusi bytecode sama di semua sistem operasi. Java disebut sebagai bahasa platform independen.

Bytecode
Seperti dibahas di atas, kompiler javac dari JDK mengkompilasi kode sumber java ke bytecode sehingga dapat dieksekusi oleh JVM. Bytecode disimpan dalam file .class oleh compiler.

Java Development Kit (JDK)
Seperti namanya, JDK adalah paket pengembangan java lengkap yang mencakup JRE (Java Runtime Environment), kompiler dan berbagai alat seperti JavaDoc, Java debugger dll.

Untuk membuat, mengkompilasi dan menjalankan program Java, Anda perlu menginstal JDK di komputer Anda.

Java Runtime Environment (JRE)
JRE adalah bagian dari JDK yang berarti bahwa JDK termasuk JRE. Ketika Anda memiliki JRE terinstal di sistem Anda, Anda dapat menjalankan program java namun Anda tidak dapat mengompilasinya. JRE termasuk JVM, plugins browser dan dukungan applet. Ketika Anda hanya perlu menjalankan program java di komputer Anda, Anda hanya perlu JRE.

Untuk glosarium java lengkap lihat tautan ini:

Fitur Utama JAVA

Java adalah bahasa platform independen
Compiler (javac) mengubah kode sumber (file .java) ke kode byte (file .class). Seperti disebutkan di atas, JVM mengeksekusi bytecode yang dihasilkan oleh compiler. Kode byte ini dapat berjalan pada platform apa saja seperti Windows, Linux, Mac OS dll. Yang berarti program yang dikompilasi pada windows dapat berjalan di Linux dan sebaliknya. Setiap sistem operasi memiliki JVM yang berbeda, namun output yang mereka hasilkan setelah eksekusi bytecode sama di semua sistem operasi. Itu sebabnya java disebut sebagai bahasa platform independen.

Java adalah bahasa yang Berorientasi Objek
Pemrograman berorientasi objek adalah cara mengatur program sebagai kumpulan objek, yang masing-masing mewakili instance kelas.

4 konsep utama pemrograman Berorientasi Objek
1.       Abstraction
2.       Encapsulation
3.       Inheritance
4.       Polymorphism


Sederhana
Java dianggap sebagai salah satu bahasa sederhana karena tidak memiliki fitur kompleks seperti Operator overloading, multiple inheritance, pointer dan alokasi memori eksplisit.

Bahasa yang Kuat
Kokoh artinya bisa diandalkan. Bahasa pemrograman Java dikembangkan dengan cara yang banyak menekankan pada pemeriksaan awal untuk kemungkinan kesalahan, itu sebabnya kompiler java mampu mendeteksi kesalahan yang tidak mudah dideteksi dalam bahasa pemrograman lain. Fitur utama java yang membuatnya kuat adalah pengumpulan sampah, penanganan pengecualian dan alokasi memori.

Java didistribusikan
Menggunakan bahasa pemrograman java kita dapat membuat aplikasi terdistribusi. RMI (Remote Method Invocation) dan EJB (Enterprise Java Beans) digunakan untuk membuat aplikasi terdistribusi di java. Dengan kata sederhana: Program java dapat didistribusikan di lebih dari satu sistem yang terhubung satu sama lain menggunakan koneksi internet. Objek pada satu JVM (mesin virtual java) dapat menjalankan prosedur pada JVM jarak jauh.

Multithreading
Java mendukung multithreading. Multithreading adalah fitur Java yang memungkinkan eksekusi bersamaan dua atau lebih bagian dari program untuk pemanfaatan CPU secara maksimal.

Portable
Seperti dibahas di atas, kode java yang ditulis pada satu mesin dapat berjalan di komputer lain. Kode byte independen platform dapat dibawa ke platform apa pun untuk dieksekusi yang membuat kode java portabel.


Sumber:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar